Internet, siapa sih yang tidak kenal dengan 1 kata ini , bahkan anak SD pun sudah bisa menggunakan internet. Menurut saya , internet merupakan jalan menuju kebebasan informasi, ekspresi dan kreasi . Bahkan ada yang menggunakan internet untuk menaikkan popularitas. Sebagai contoh Justin Bieber (JB) , menggunakan Youtube sebagai kreatifitas dalam menyalurkan hobi menyanyi tanpa harus repot-repot ke studio musik. Tapi sekarang “WOW” siapa yang tidak kenal JB , berawal dari Artis Youtube berevolusi menjadi Penyanyi Terkenal .Itu semua berkat The Power of Internet , bahkan para pebisnis , mahasiswa , dosen , jurnalis , dan berbagai bidang pekerjaan sudah menggunakannnya . Dari berbagai pengalaman saya menggunakan internet , saya mengategorikan internet kedalam beberapa SUMBER. SUMBER yang bisa menghilangkan dahaga kita dalam mencari “sesuatu” yang ingin kita cari . Pertama kali saya mengenal dunia internet ketika teman SMA mengajak saya ke warnet (Warung Internet). Saya kira teman saya akan mentraktir makan , tetapi ketika masuk ke dalam warung tersebut , yang ada hanya sederetan komputer yang dibatasi sekat kayu sebagai pembatas antara komputer satu dengan komputer lainnya . Yup , waktu itu saya masih kelas 1 SMA ,saya diperkenalkan dengan namanya Search Engine Google . Setelah berjelajah berbagai situs kemudian dia membuka akun FS .Dia saling bertukar sapa dengan teman akunnya. Dalam hatiku, “apa enaknya harus komen dan saling sapa di akun FS ?”, lanjut saya kepada teman : “Kenapa tidak sapa langsung saja sama orangnya ?” . Teman saya hanya tersenyum , sepertinya dia sudah maklum dengan kegaptekan saya. Setelah pulang dari warnet , kegalauan saya muncul tiba-tiba dan penasaran apa yang bisa saya lakukan dengan internet. Akhirnya saya pergi ke warnet dekat komplek perumahan , sesampainya di warnet saya malah bingung cara menghidupkan komputer. Penasaran …, semua tombol di monitor saya pencet satu-satu , saya jelajahi semua sisi , tapi tidak hidup-hidup. Akhirnya saya panggil opnet (operator warnet) bahwa komputernya rusak. “Masa sih mas rusak , barusan orang browsing2 loh ..”kata opnet tersebut. Ketika tangan opnet tersebut menyentuh tombol di benda seperti “balok panjang” di bawah monitor. “Tuh sudah nyala , silahkan dipakai” lanjut mas opnet tersebut. Baru saya sadar bahwa “balok panjang” tersebut adalah CPU. Wah, ternyata saya bukan hanya benar2 gaptek, tapi saya seolah-olah seperti orang yang hidup di hutan. “Masak menghidupkan komputer saja tidak bisa “gumam dalam hati. Setelah itu , saya buka Google ,tapi bingung mau ketik kata apa .Ya sudah, akhirnya saya ketik “cara menggunakan internet”, banyak sekali artikel yang saya baca dan yang paling malas ketika ada POP UP untuk memasukan email. Wah, kalo diceritain bakal menjadi novel nie. Hmm…, mungkin saya akan ceritakan pengalaman menggunakan internet untuk “sesuatu” yang bermanfaat saja ya .Seperti yang sudah saya jelaskan diatas ,berikut kategorinya :

1) Sumber Informasi
Informasi untuk mencari refrensi dalam meyelesaikan tugas skripsi sangat mudah ketika saya mengenal dunia internet . Saya tinggal memasukkan keyword yang sesuai ke dalam search engine dan “WOW” ratusan blog bahkan web memberikan informasi yang saya butuhkan. Kadang pula informasi tidak sesuai, maka saya akan menggunakan beberapa trik seperti kombinasi dua nama, menggunakan tanda petik dua (“keyword”) , maupun dengan perpaduan kata AND, OR, dsb. Bahkan saya dengan mudah mendapatkan beberapa contoh soal ujian tahunan dari beberapa universitas. Lumayan bisa menghemat kertas daripada print/fotokopi , ingat GO GREEN !!!. Sehingga kalau mau membaca berita terupdate , tinggal buka portal berita seperti wartakotalive.com. Selain menghemat uang, bisa juga menghemat waktu.

Untung sekarang ada internet , kalau dulu saya harus membaca setumpukan buku di perpustakaan ,bahkan harus bolak-balik membuka halaman demi halaman untuk mencari informasi yang saya butuhkan , baik itu tugas sekolah , membuat paper/karya ilmiah , maupun persiapan ujian. Sewaktu SMP, saya membeli banyak buku sebagai BANK SOAL untuk memudahkan saya mempersiapan ujian. Repot juga ya kalau menghabiskan waktu berjam-jam buat cari buku yang cocok dengan kebutuhan dan cocok dikantong hehehe.

 

2) Sumber Pengetahuan
Wah , kalo yang satu ini mungkin tidak usah dijelaskan panjang lebar ya.. Yup , dari berjelajah di dunia maya , saya banyak mendapatkan pengetahuan baru, baik untuk menunjang tugas kuliah maupun pengetahuan diluar akademik. Jika ada mata kuliah yang tidak mengerti, saya mencatat beberapa point yang masih bingung dan tinggal tanya saja kepada “Mbah Google“ (baca: searching). Saya senang banget kalau membaca jurnal online, selain menambah wawasan dan juga bisa mengikuti perkembangan teknologi/penelitian terbaru.

Untung sekarang ada internet, kalau dulu saya harus tanya guru pada saat jam istirahat. Kadang-kadang merepotkan teman untuk menjelaskan kembali materi yang masih berkecamuk dalam pikiran. Kalau tidak puas, saya mencari buku/jurnal di perpustakaan.

3) Sumber Jejaring Sosial
Jejaring sosial , wah Indonesia menempati urutan kedua terbesar pengguna Facebook. Bahkan kalau tidak ada akun FB , kita dianggap jadul, kuno , gaptek atau apalah sebutannya. Dengan adanya jejaring sosial ini, saya bisa saling sapa dan wall-wall an dengan teman lama , bahkan teman yang tidak akrab pun bisa saling komen dalam update status. Sampai-sampai ada yang masang status geje (baca: tidak jelas). Wah, sangking mau eksis kali ye hehehe. Yup , satu lagi pengalaman unik saya , dulu teman SMA sering ngobrol2 tentang si “anu” atau berita HOT lainnya di FS (Friendster). Padahal dulu saya bingung , apaan itu FS ??? Tapi karena saya tipe orang cuek , masa bodoh dengan sesuatu yang tidak penting dalam hidup saya. Eh …, ternyata saya baru buat akun FS pertama kali duduk di bangku kuliah, wah asyik juga ya bisa saling jumpa dengan teman lama. Bahkan ada yang nyindir di FS , baru pertama kali buat ya wkwkwk . Ketahuan deh gapteknya. Bahkan saya bisa saling bertukar informasi dan tag foto . Mengenang masa SMA dulu . Wah ,dulu dia gendut, sekarang malah langsing singset ya.. . Komen salah satu teman saya di album foto SMA. Seru habis, walau sudah berpencar, tapi masih 1 keluarga yaitu keluarga IPA 1. Walau berpisah dengan jarak , tapi masih dekat dihati . Bahkan dulu semester 2, ada acara kumpul buka puasa barang , kangen rasanya kumpul lagi. Tinggal buat group dan schedule semua teman bisa lihat, tanpa repot2 sms satu demi satu.

Untung sekarang ada internet , kalau dulu setiap ada acara buka puasa atau event tertentu ,sibuk sms satu persatu apa yang harus dipersiapkan , kumpul dimana , jam berapa ,dsb . Wah repot banget ya kalau sms ,apalagi kalau ada teman yang tidak dapat berita .

4) Sumber Pendapatan
Kalau yang satu ini , saya baru pertama kali nyicip bisnis affiliate marketing. Sekedar mencoba mencari penghasilan sendiri. Selain kuliah sebagai prioritas utama, apa salahnya coba bisnis sampingan . Saya pilih bisnis ini karena waktunya fleksibel , tidak harus mengganggu waktu kuliah dan yang paling penting membuang kejenuhan.

Untung sekarang ada internet, kalau dulu saya masih minta sama orang tua hehehe.

5) Sumber Hiburan
Wah , hiburan pasti semua membutuhkannya. Saya lebih senang membuka Youtube dan mencari video2 lucu seperti suara ketawa anak bayi , trail film yang akan diputar bioskop , gadget terbaru, pidato Barack Obama , dsb . Yang paling penting bisa NGASKUS , portal forum terbesar di Indonesia (Kaskus). Wah , apalagi saya bisa nonton acara favorite saya ( Opera Van Java  ) secara online . Lengkap sudah hiburan yang bisa saya nikmati dengan hanya koneksi internet . Kalau pikiran lagi galau , iseng2 main game flash di FB atau situs tertentu. Dengan begitu menghemat waktu dan uang kan hehehe.

Untung sekarang ada internet, kalau dulu saya biasa pergi ke pusat perbelanjaan, Time Zone atau sekedar jalan-jalan ke pasar malam/festival. Kalau sekali-kali mungkin tidak apa lah, kalau tiap minggu wah kantong bisa terkuras habis.

 

Wah, ternyata banyak sekali keuntungan ketika sudah mengenal dunia internet, wawasan dan pengetahuan saya semakin bertambah ditambah lagi bisa mengikuti berita terhangat di WartaKotaLive.com. Oh ya, pengalaman ini saya tulis untuk mengikuti Lomba Blog yang diadakan WartaKotaLive.com yang bekerjasama dengan XL Axiata. Syaratnya mudah kok kalo sobat mau ikut lomba blog ini, cukup membagi kisah nyata sobat atau orang lain dan yang pasti sobat merupakan pelanggan setia XL. Dan kemudahan menjelajahi dunia maya akan nyaman jika sobat menggunakan layanan internet HotRod 3G+ yang disediakan oleh ISP XL Axiata. Sekian pengalaman saya, semoga bisa menjadi inspirasi bagi para sobat yang membacanya.